Rabu, 02 September 2015

[Aneh] Inilah Hercules, Serangga Terkuat di Muka Bumi

Inilah Hercules, Serangga Terkuat di Muka Bumi
fenanote.blogspot.com - Kumbang Hercules (Dynastes hercules) / Rhinocheros Beetle merupakan saha satu spesies dari kumbang badak yg paling terkenal dan terbesar.
Kumbang Hercules berasal dari hutan hujan Amerika Tengah, Amerika Selatan, dan Lesser Antilles (Universitas Clemson). Panjang kumbang hercules jantan bisa mencapai 6.75 inci (170 mm) dan merupakan yg terbesar dari 6 spesies yg ada di genus Dynastes. Kumbang Hercules jg merupakan salah satu hewan terkuat di dunia karena dia mampu membawa beban 850 kali lebih berat dari dirinya sendiri.
Kumbang badak termasuk dlm sub famili Dynastinae dan mereka terkenal karena tanduk mereka sehingga di kenal jg dgn sebutan kumbang tanduk. Ada lebih dari 300 spesies kumbang badak, mereka tak membahayakan manusia karena mereka tak mampu menggigit / menyengat. Berbeda dgn kumbang jantan, kumbang betina tak memiliki tanduk dan jarang terlihat. Kumbang badak tak terlihat pd siang hari, mereka bersembunyi di bawah kayu dan tumbuh-tumbuhan.
Siklus hidup berbagai jenis kumbang Badak bervariasi. Siklus kumbang Hercules terdiri dari empat tahap yaitu telur, larva, pupa dan Dewasa.
Tahap Telur
Telur disimpan ke dlm tanah oleh betina selama musim panas.
Tahap larva
Setelah satu bulan telur menetas, dan memasuki tahap larva. Pada tahap larva bisa bertahan beberapa tahun, tergantung pd jenisnya. Larva akan tetap bawah tanah selama enam bulan sampai satu tahun. Mereka berada di sana untk tumbuh dan berganti bulu dua kali sebelum memasuki tahap pupa.
Pupa dan Tahap Dewasa
Tahap Kepompong tak bertahan lama. Biasanya diperlukan waktu beberapa minggu. Begitu mereka tumbuh menjadi dewasa mereka masih tetap di tanah sampai musim semi. Kumbang Betina akan mulai melepaskan feromon untk kumbang jantan dan setelah musim kawin, kumbang betina akan menggali tanah dan meletakkan telur disana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

All content at MY BLOG was found freely distributed on the internet and is presented for informational purposes only.
Images / photos / videos found in this site reserved by its respective owners.
We does not upload or host any files.
Home | DMCA | Contact