Kamis, 03 September 2015

[Misteri] Inilah Dampaknya Jika Ribuan Gunung Berapi Meletus Secara Bersamaan

fenanote.blogspot.com - Gunung berapi merupakan bagian dari alam yg sering menghadirkan pemandangan luar biasa. Strukturnya yg indah kadang bisa menjadi ancaman bagi kehidupan manusia. Baik aliran lava yg keluar dari perut gunung ataupun awan abu yg mengepul ke udara.

Inilah Dampaknya Jika Ribuan Gunung Berapi Meletus Secara Bersamaan

Satu gunung berapi yg meletus bisa memberikan dampak yg luar biasa terhadap bumi. Tapi apa yg terjadi jika semua gunung berapi di dunia meletus secara bersamaan?
Meski belum pernah terjadi, Parv Sethi ahli Geologi dari Radford University di Virginia, Amerika Serikat, membayangkan bila semua gunung berapi yg terdapat di Bumi ni serentak meletus. Ia mengatakan bahwa Bumi akan dilanda letusan dgn kekuatan yg melebihi nuklir sehingga menghasilkan efek domino.
Setidaknya ada sekitar 1.500 gunung berapi yg mempunyai status aktif. Angka tersebut belum termasuk dgn gunung berapi yg bersembunyi di dasar lautan. Saat ini, menurut Sethi, sekitar 10 sampai 20 gunung berapi meletus tiap harinya.
"Hal buruk akan terjadi dimana kita tak bisa lagi bertahan hidup di Bumi dgn keadaan seperti itu," ujarnya seperti dilansir dari Live Science.

Inilah Dampaknya Jika Ribuan Gunung Berapi Meletus Secara Bersamaan

Diketahui ada dua bahaya utama dari letusan gunung berapi tersebut yakni abu dan gas vulkanik.
Sethi melanjutkan, langit-langit akan diselimuti lapisan abu tebal dari gunung berapi yg tersebar di seluruh penjuru dunia. Hal ni akan menghalangi pancaran sinar matahari untk masuk ke daratan.
"Planet ni akan gelap, menghancurkan fotosintesis, panen, dan suhu yg turun secara drastis karena awan abu tersebut akan bertahan sekitar 10 tahun di atmosfer," ungkap dia.
Selain itu, Sethi memprediksikan akan terjadinya hujan asam yg dpt membunuh semua tanaman, dimana hujan tersebut berasal dari gas vulkanik seperti asam klorida, hidrogen fluorida, hidrogen sulfida, dan belerang dioksida yg memicu hujan asam saat gas vulkanik berada di atmosfer.

Inilah Dampaknya Jika Ribuan Gunung Berapi Meletus Secara Bersamaan

"Hujan asam akan mencemari air tanah dan permukaan laut. Lautan samudera yg terkena asam akan membunuh makhluk laut dgn terjadinya kepunahan ikan dan kehidupan laut lainnya," tuturnya.
Bahkan, menurut Sethi, dgn meletusnya gunung berapi di Bumi secara bersamaan akan memicu iklim yg tak kondusif. Hal ni dikarenakan gunung berapi tersebut melepaskan gas rumah kaca yg dpt menjadikan cuaca sangat panas.

Inilah Dampaknya Jika Ribuan Gunung Berapi Meletus Secara Bersamaan

"Ini akan seperti berada di kompor gas dan kita menjadi matang di dalamnya. Ujung dlm skenario ni adlh kematian," kata Sethi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

All content at MY BLOG was found freely distributed on the internet and is presented for informational purposes only.
Images / photos / videos found in this site reserved by its respective owners.
We does not upload or host any files.
Home | DMCA | Contact