fenanote.blogspot.com - Pengertian Strategi Pembelajaran
Pengertian Strategi Pembelajaran dan Hasil Pembelajaran |
Pengertian strategi pembelajaran menurut Reigeluth (1983) dan Degeng (1989) bahwa strategi pembelajaran adlh cara cara yg berbeda untk mencapai hasil pembelajaran yg berbeda di bawah kondisi yg berbeda. Variabel strategi pembelajaran dpt dikelompokkan menjadi tiga bagian yaitu:
a. Strategi pengorganisasian / organizational strategy
b. Strategi penyampaian / delivery strategy
c. Strategi pengelolaan / management strategy
Strategi Pengorganisasian Pengertian strategi pengorganisasian adlh cara untk menata isi suatu bidang studi (organize the contents of a field of study), dan kegiatan ni berhubungan dgn pemilihan isi/materi (selection of content / material), penataan isi (structuring contents), pembuatan diagram (charting), format dan sejenisnya. Dalam pembelajaran, pengertian strategi pengorganisasian adlh cara untk membuat urutan (sequencing) dan mensintesis (synthesizing) fakta, konsep, prosedur dan prinsip yg berhubungan, suatu isi pembelajaran.
Sequencing berhubungan dgn cara pembuatan urutan penyajian isi suatu bidang studi (ways of making the presentation order of the contents of a field of study) , dan sintesis berhubungan dgn cara untk menunjukkan kepada siswa tentang hubungan / keterkaitan antara fakta, konsep, prosedur, / prinsip suatu isi pembelajaran.
Strategi Penyampaian Pengertian strategi penyampaian adlh berbagai cara untk memberitahukan pembelajaran kepada siswa dan / untk menerima serta merespons tanggapan dari para siswa.
Strategi Pengelolaan Pengertian strategi pengelolaan adlh berbagai cara untk menyusun interaksi / komunikasi antara siswa dan variabel strategi pembelajaran pengorganisasian dan strategi penyampaian. Strategi pengelolaan pembelajaran berkaitan dgn pemilihan tentang strategi pengorganisasian dan strategi penyampaian yg digunakan selama proses pembelajaran berlangsung. Strategi pengelolaan pembelajaran berkaitan dgn penjadwalan (scheduling), membuat catatan perkembangan belajar dan motivasi.
Pengertian Hasil Pembelajaran Pengertian hasil pembelajaran menurut Degeng (1989) adlh semua efek yg dpt dijadikan sebagai indikator tentang nilai dari penggunaan strategi pembelajaran di bawah kondisi yg berbeda. Terdapat tiga variabel hasil pembelajaran yaitu:
a. Keefektifan (Effectiveness) Pembelajaran
Keefekifan pembelajaran dpt diukur berdasarkan tingkat pencapaian siswa dan ada 4 indikator untk mempreskripsikan keefektifan pembelajaran yaitu (1) Kecermatan penguasaan perilaku yg dipelajari (Accuracy mastery of learned behaviors), (2) Kecepatan unjuk kerja, (3) Tingkat alih belajar (Control level of learning), (4) Tingkat Retensi / kemampuan untk menyimpan hasil pembelajaran.
b. Efisiensi (Efficiency) Pembelajaran
Efisiensi pembelajaran dpt diukur dgn membandingkan antara keefektifan pembelajaran dan jumlah waktu yg dipakai siswa dan / jumlah biaya yg digunakan dlm pembelajaran.
c. Daya Tarik (Appeal) Pembelajaran Daya tarik pembelajaran dpt diukur dgn melakukan pengamatan terhadap kecenderungan siswa untk tetap / terus belajar. Sumber Artikel Pengertian Strategi Pembelajaran dan Hasil Pembelajaran
- Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional (2011) Oleh Made Wena diterbitkan oleh Bumi Aksara di Jakarta.
- Ilmu Pembelajaran: Taksonomi Variabel (1989) oleh Degeng, N.S. diterbitkan oleh Dirjen Dikti di Jakarta
- Instructional Design Theories and Models: An Overview of Their Current Status (1983) oleh Reigeluth, C.M. diterbitkan oleh Lawrence Erlbaum Associates di Newyork.
source : http://pinterest.com, http://flickr.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar