Kamis, 01 Oktober 2015

[Obsesi Roti] 20 Menit Salad Sayuran dengan Ayam dan Kentang Goreng

20 Menit Salad Sayuran dengan Ayam dan Kentang Goreng
fenanote.blogspot.com - Anda sudah pernah menyaksikan tayangan Everyday Food oleh Sarah Carey di internet? Saya sarankan anda untk melihatnya karena dibawakan dgn sangat menarik, bersahaja dgn resep-resep yang simple untuk dipraktekkan di rumah. Kepribadian Sarah Carey yang sunny, ceria, hangat dan apa adanya sepertinya menjadi daya tarik tersendiri yg membuat saya terus-menerus - hampir tiap malam sepulang kerja - nangkring di depan laptop memelototinya. Banyak resepnya yg kemudian menjadi inspirasi saya, terutama karena banyaknya variasi yg disajikan dan semuanya 'terlihat' mudah. Salah satunya yg saya posting kali ini.

Jika anda ingin makanan yg sehat dan telah memenuhi hampir semua unsur gizi yg kita butuhkan karena telah mengandung karbohidrat, protein dan sayuran, maka resep salad sayuran ni bisa anda coba di rumah. Rasanya segar, ringan, mengenyangkan, yummy dan hanya membutuhkan 20 menit saja untk menyajikannya di meja. ^_^

20 Menit Salad Sayuran dengan Ayam dan Kentang Goreng20 Menit Salad Sayuran dengan Ayam dan Kentang Goreng
Tidak ada yg lebihrefreshing, sehat dan membuat anda bisa menyantapnya tanpa merasa 'berdosa' selain salad. Walau dlm porsi yg besar dan membuat perut anda terasa meletus karena terasa super kenyang, makanan ni tetap menyumbangkan kalori yg rendah. Tentu saja jika anda menggunakan dressing rendah lemak, karena yg membuat semangkuk salad menjadi berat bukan karena sayurannya / sedikit protein yg dimasukkan ke dalamnya tetapi dressing berat yg terbuat dari mayonnaise, terkadang telur rebus dan keju parut. Nah untk salad kali ini, sausnya hanya terbuat dari minyak zaitun, cincangan bawang putih dan bawang merah, serta perasan air jeruk nipis. Sedikit cincangan thyme dimasukkan ke dalamnya untk memberikan rasa dan aroma unik yg berbeda. Semua cukup anda masukkan ke dlm botol dan kocok hingga menjadi larutan yangsmooth dan kental. Saus ni tahan di dlm kulkas hingga 1 minggu lamanya, jadi jika anda membuatnya dlm jumlah banyak jangan langsung digunakan semua, tetapi simpan sisanya di dlm chiller. Dressing tidak hanya sedap untk salad, sebagai kucuran sandwich pun mantap.

20 Menit Salad Sayuran dengan Ayam dan Kentang Goreng
Dressing
20 Menit Salad Sayuran dengan Ayam dan Kentang Goreng
Thyme

Jika anda bertanya-tanya tentang rempah bernama thyme yg saya sebutkan di atas, mungkin sepenggal info mengenai herba ni bisa cukup membantu. Thyme adlh sejenis tanaman rempah yg sangat terkenal di Eropa terutama Mediterania, dan masih masuk ke dlm golongan tanaman mint. Tanaman ni memiliki daun yg kecil berwarna kehijauan dgn aroma yg sangat harum. Umumnya thyme digunakan untk masakan yg terbuat dari aneka sayuran, daging dan ikan yg diolah menjadi sup kental (stew), sebagai pengharum biasanya thyme dijejalkan di dlm perut ikan / ayam yg dipanggang, bisa jg digunakan sebagai bumbu perendam, campuran omelet / telur orak-arik.

Thyme jg bisa digunakan untk keperluan pengobatan, terutama karena kandungan minyak esensial di dalamnya. Seduhan daun thyme yg diminum selayaknya teh mampu mengurangi gejala batuk dan bronkitis. Herba ni bisa digunakan dlm kondisi segar / pun kering seperti daun rempah lainnya misalkan basil, oregano / rosemary. Untuk resep kali ni saya mengggunakan daun thyme yg telah mengering di kulkas. Saya membelinya saat kondisinya masih segar dgn harga yg tak mahal untk seikat kecil thyme di sebuah supermarket. Jika tak ada thyme segar anda bisa gunakan versi keringnya / skip saja bahan ini, saya rasa tak akan terlalu berpengaruh banyak untk kelezatan dressing anda.

20 Menit Salad Sayuran dengan Ayam dan Kentang Goreng
Sebagai bahan utamanya, salad sayuran ni menggunakan daun lettuce, anda bisa menggantinya dgn daun selada, / bayam dan brokoli rebus jg yummy. Saya tambahkan serutan wortel agar terlihat lebih berwarna, lagi pula sayur dan buah berwarna sangat baik untk tubuh kita bukan? Selain lettuce, anda jg memerlukan suwiran daging ayam rebus/panggang, saya menggunakan daging ayam yg telah saya ungkep dgn bumbu kuning dan simpan di freezer. Untuk karbohidratnya, salad ni menggunakan kentang yg direbus sebentar dan digoreng dgn sedikit minyak hingga crispy permukaannya. Semua bahan cukup ditata di dlm sebuah mangkuk besar, siram dgn dressing di atasnya. Santap saat semua bahan masih segar dan sayuran masih terasa crispy karena salad yg telah tersiram dressing mudah sekali menjadi layu.

Berikut prosesnya ya.

20 Menit Salad Sayuran dengan Ayam dan Kentang Goreng
20 Menit Salad Sayuran dgn Ayam dan Kentang GorengResep diadaptasikan dari Martha Stewart, Everyday Food by Sarah Carey - Spinach Salad with Chicken & Crispy Potatoes

Untuk 2 porsi

Tertarik dgn resep salad lainnya? Silahkan klik link di bawah ini:
Salad Pasta, Sayuran dan Tuna
Russian Salad (Olivier)
Semangkuk Besar Salad Sayuran dgn Dressing Rendah Lemak

Bahan: - 200 gram dada/paha ayam panggang/rebus/goreng, suwir-suwir. Saya mengunakan dada ayam yg diungkep dgn bumbu kuning - 1/2 bongkah besar daun lettuce, sobek-sobek kasar. Anda bisa menggunakan daun selada
- 1/2 batang wortel, serut kasar
- 2 buah kentang, iris melintang tipis ketebalan 1/2 cm
Bahan dan bumbu dressing salad:
- 1 siung bawang putih, cincang sehalus mungkin - 2 siung bawang merah, cincang halus - 1/2 sendok teh thyme cincang (skip jika tak ada) - 1 sendok makan air jeruk nipis / lemon - 50 ml minyak zaitun / minyak sayur lainnya - 1/2 sendok teh garam - 1/4 sendok teh merica bubuk
- seujung kuku gula pasir (optional)
Cara membuat:

20 Menit Salad Sayuran dengan Ayam dan Kentang Goreng

Siapkan bahan dressing, cincang bawang putih dan bawang merah hingga benar-benar halus. Masukkan semuanya ke dlm botol yg memiliki tutup. Tambahkan air jeruk nipis, garam, thyme cincang, dan merica bubuk. Kocok hingga bahan tercampur baik dan menjadi larutan kental yang smooth. Sisihkan.


20 Menit Salad Sayuran dengan Ayam dan Kentang Goreng
Siapkan panci berisi 500 ml air, tambahkan 1/2 sendok makan garam, masukkan kentang dan rebus hingga kentang setengah matang. Jaga jangan sampai kentang terlalu lunak, tes dgn menusukkan pisau di tengah kentang, jika pisau masuk dgn mudah maka kentang sudah cukup empuk. Angkat dan tiriskan.
Siapkan pan datar, beri sekitar 1 sendok makan minyak. Goreng kentang hingga satu sisi kecoklatan, balikkan dan goreng sisi sebelahnya hingga kentang kering dan matang. Angkat dan tiriskan.

20 Menit Salad Sayuran dengan Ayam dan Kentang Goreng
Siapkan mangkuk, tata lettuce dan wortel di dasar mangkuk, taburkan kentang diikuti oleh suwiran ayam diatasnya. Siram dgn dressing.
Siap disajikan segera. Yummy!

Sources:
Martha Stewart, Everyday Food by Sarah Carey - Spinach Salad with Chicken & Crispy Potatoes
Wikipedia - Thyme
BBC Good Food - Thyme

other source : http://justtryandtaste.com, http://stackoverflow.com, http://merdeka.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

All content at MY BLOG was found freely distributed on the internet and is presented for informational purposes only.
Images / photos / videos found in this site reserved by its respective owners.
We does not upload or host any files.
Home | DMCA | Contact