Selasa, 19 Januari 2016

Makanan Bayi Dibawah 6 Bulan

fenanote.blogspot.com - Sebenarnya sangat tak dianjurkan memberi makanan selain ASI untk anak bayi dibawah 6 bulan. Hal ni karena kebutuhan nutrisi bayi sebenarnya sudah sempurna dan cukup dgn pemberian asi saja. Masuknya makanan lain selain ASI malah bisa mengganggu perkembangan system pencernaan bayi. Oleh karena itu selalu dianjurkan bahkan dikampanyekan melalui media TV agar bayi hanya diberi ASI hingga usia 6 bulan.
Pemebrian makana selain asi pd bayi dibawah 6 bulan lebih karena kekhawatiran ibu takut anak jadi kurus (kelaparan). Padahal lambung anak pd usia ni masih sanagt kecil, jadi dgn ASI saja mereka sebenarnya sudah kenyang. Terkadang seorang ibu memberi makan anak bayi usia dibawah 6 bulan ni karena melihat bayi lain yg lebih gemuk, jadi mereka jg terobsesi ingin anaknya jg terlihat gemuk.
Saya punya pengalaman, ketika anak bayi kami yg waktu itu masih dibawah 6 bulan dibawa ke posyandu. Kala itu ada ibu muda yg dimarahi petugas posyandu karena anaknya terlihat terlalu gemuk, karena anak bayi ibu muda ni ternyata diberi makanan lain selain ASI pd usia dibawah 6 bulan. Munurut petugas posyandu, kondisi bayi yg terlalu gemuk tersebut dpt menghambat perkembangan psikis si bayi, dan jg bayi tersebut bisa kekurangan antibody yg akan terasa di masa yg akan datang. Hal ni wajar saja sebab ASI merupakan sumber antibiotic dan pembetuk antibody dasar paling baik di dunia, jika bayi dibwah 6 bulan diberi makanan selain ASI maka mereka cepat Kenyang dan malas untk minum ASI.
Sesuai anjuaran dari buku posyandu, makanan untk bayi dibawah 6 bulan hanyalah ASI saja. Jika ada keterbatasan seperti, air susu ibu kurang / tak ada sama sekali, / karena ibu kena penyakit menular, barulah bayi bisa diberi susu bantu (susu formula). Jadi sanagat diharapkan ibu-ibu muda tak ada lagi yg menggantikan ASI pd bayi mereka dgn susu formula karena alasan sibuk (wanita karir). Ingat saat ni sudah bayak dijual alat pemompa dan penyimpan asi yg dpt dibawa ke kantor, dan sudah banyak jg kantor (perusahaan) yg menyediakan ruangan khusus buat karyawati memerah ASI.

Kesimpulannya, tak ada resep makanan khusus untk makana bayi dibawah 6 bulan. ASI dpt digantikan dgn susu formula bila ibu sakit, ASI tak keluar / tak ada sama sekali. Perlu diingat lambung anak bayi dibawah enam bulan itu sangat kecil, dan belum begitu mampu untk mencerna makanan selain asi, bayi gemuk belum tentu sehat. Makanan pembatu asi (bubur susu, bubur tim, pisang gerus, dll) hanya merupakan makana anak bayi diatas 6 bulan. Semoga share sederhana ni dpt bermanfaat untk kita semua.

other source : http://slideshare.net, http://bayi-perawatan.blogspot.com, http://lintas.me

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

All content at MY BLOG was found freely distributed on the internet and is presented for informational purposes only.
Images / photos / videos found in this site reserved by its respective owners.
We does not upload or host any files.
Home | DMCA | Contact