Senin, 07 September 2015

[Fakta] Ini 7 Jenis Tanaman Liar yang Aman Dikonsumsi

fenanote.blogspot.com - Bumi memang menjadi tempat tanaman untk tumbuh, baik yg sengaja di tanam ataupun yg tumbuh secara liar. Usut punya usut, dari sekian banyak jenis tanaman liar yg tumbuh subur di alam bebas, rupanya banyak jg yg aman untk kita konsumsi. Beberapa dari jenis-jenis tumbuhan ni biasanya acap kali kita jumpai di dlm hutan, rawa, padang pasir bahkan di kaki pegunungan. Kita wajib mengetahui jenis tumbuhan tersebut khususnya bagi seorang yg gemar menyusuri hutan dan mendaki gunung. Siapa tau suatu saat nanti saat kehabisan bahan makanan, Anda bisa memanfaatkan jenis-jenis tanaman liar ini. Lantas, tumbuhan-tumbuhan liar apa saja yg dimaksud? Penasaran, mari kita simak tujuh jenis tanaman liar yg dpt dikonsumsi seperti berikut ini.

1. Mushrooms

Ini 7 Jenis Tanaman Liar yang Aman Dikonsumsi
Mushrooms / yg lazim kita sebut jamur / cendawan adlh tumbuhan yg tak mempunyai klorofil sehingga bersifat heterotrof. Jamur ada yg uniseluler dan multiseluler. Tubuhan ni terdiri dari benang-benang yg disebut hifa. Sebelum Anda mulai mengumpulkan jamur liar, identifikasi spesies beracun yg tumbuh di daerah Anda. Meskipun sebagian besar bisa dimakan, lebih baik bermain aman. Selain itu, jangan pernah memakannya selagi masih mentah dan jauhi jamur yg telah rusak oleh serangga

2. Common Chickweed
Ini 7 Jenis Tanaman Liar yang Aman Dikonsumsi
By Kaldari (Karya sendiri) [CC0], via Wikimedia Commons
Stellaria media, chickweed, adlh tanaman tahunan musim dingin asli Eropa, yg sering dimakan oleh ayam. Hal ni kadang-kadang disebut Common Chickweed untk membedakannya dari tanaman lain yg disebut chickweed. Nama umum lainnya termasuk chickenwort, craches, maruns, winterweed. Tanaman berkecambah di musim gugur / akhir musim dingin, kemudian membentuk tikar besar dedaunan. Tanaman tahunan ni menghasilkan bunga yg berbeda, berbentuk bintang. Daun dan batang yg dpt dimakan dan dpt dimakan mentah. Biasanya dianggap sebagai gulma yg menjengkelkan, Common chickweed adlh sumber yg kaya potassium dan kalsium.

3. Thistles
Ini 7 Jenis Tanaman Liar yang Aman Dikonsumsi

Thistle adlh nama umum dari kelompok tanaman berbunga yg ditandai dgn daun dgn duri tajam di pinggiran, terutama dlm keluarga Asteraceae. Ini adlh sebuah adaptasi yg melindungi tanaman terhadap hewan herbivora, mengecilkan hati mereka dari memberi makan pd tanaman. Tanaman berbunga ni tumbuh di alam liar di lapangan terbuka di seluruh Eropa. Dibedakan oleh daun runcing, thistle dpt berfungsi sebagai potherb lezat. Hanya memotong ujung daun yg tajam, mengupas kulit akar dan gunakan air garam mendidih untk memasak tanaman ini.

4. Arctium
Ini 7 Jenis Tanaman Liar yang Aman Dikonsumsi

Arctium adlh genus tanaman dua tahunan umumnya dikenal sebagai burdock, keluarga Asteraceae. Berasal dari Dunia Lama, beberapa spesies telah diperkenalkan secara luas di seluruh dunia. Onak dua tahunan ni tumbuh subur di padang rumput terbuka dan kebun, tetapi mereka bukan merupakan gulma sia-sia. Anda dpt mengupas tangkai daun dan memakannya mentah, selain itu akarnya jg bisa dimakan. Tapi berhati-hatilah untk tak salah sebab tanaman ni dgn belladonna yg beracun.

5. Selada Air
Ini 7 Jenis Tanaman Liar yang Aman Dikonsumsi

Selada Air adlh jenis tanaman yg sangat kaya akan sulfur, nitrogen, dan yodium. Selada air merupakan salah satu pencuci darah yg baik disamping jg merupakan Tonic terhadap penyembuhan gangguan liver dan ginjal. Untuk membuat Tonik: Adukkan Jus di dlm air dgn perbandingan 1:4 (satu bagian jus terhadap 4 bagian air) dan minumlah dua sendok teh penuh delapan kali sehari selama dua minggu. Potherb abadi ni biasanya tumbuh di dekat badan air, jadi pastikan sumber air bersih sebelum dikonsumsi. Sejak selada air dpt dimakan mentah, yg harus Anda lakukan adlh memotong batang dan bilas dgn air dingin.

6. Clover
Ini 7 Jenis Tanaman Liar yang Aman Dikonsumsi

Clover (Trifolium), / trefoil, adlh genus dari sekitar 300 spesies tanaman dlm keluarga kacang polongan Fabaceae. Genus mudah ditemukan di belahan bumi utara, tapi banyak spesies jg ditemukan di Amerika Selatan dan Afrika, termasuk di dataran tinggi di pegunungan di daerah tropis. Di Afrika, Genus kosmopolitan ni mudah ditemukan di gurun. Bijinya bisa dimakan, dan kepala bunga kering dpt digunakan untk menyeduh teh. Anda dpt makan daun mentah, hanya membenamkan mereka dlm air garam untk membantu pencernaan.

7. Padi Liar
Ini 7 Jenis Tanaman Liar yang Aman Dikonsumsi

Padi liar merupakan empat spesies rumput membentuk genus Zizania, dan sereal yg dpt dipanen. Meski saat ni biji-bijian ni menjadi makanan istimewa di Amerika Utara, tapi kurang dikonsumsi di China, sebab pohonnya digunakan sebagai sayur-sayuran. Rumput tinggi ni berkembang dlm koloni besar di tepian sungai dan dpt dgn mudah dipetik dan diangkut dgn bantuan sebuah kano / perahu kecil. Mirip dgn buluh pd padi biasa, nasi dari padi liar ni merupakan sumber protein, dan batang, akar tunas dan biji-bijian semua dpt dimakan.

1 komentar:

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

All content at MY BLOG was found freely distributed on the internet and is presented for informational purposes only.
Images / photos / videos found in this site reserved by its respective owners.
We does not upload or host any files.
Home | DMCA | Contact