Senin, 07 September 2015

[Buah] 7 Pohon Paling Unik dan Terkenal di Dunia

fenanote.blogspot.com - Menurut beberapa mitologi pohon merupakan lambang dari kehidupan. Tanaman ni merupakan hasil evolusi tumbuhan-tumbuhan raksasa yg hidup jutaan tahun lalu. Pohon memiliki banyak kegunaan, selain daunnya dpt menyerap karbon dioksida dan menghasilkan oksigen, akarnya jg dpt menangkap air dari dlm tanah, menyediakan cadangan air bagi kebutuhan manusia. Beberapa jenis pohon jg memiliki getah yg bisa dimanfaatkan, baik untk bahan baku pembuatan karet, pelumas, cat, / bahkan dijadikan sirup seperti pohon maple. Meski di dunia ni jumlah pohon ada puluhan juta / mungkin bahkan mencapai miliaran, ternyata terselip beberapa pohon yg sangat populer. Pohon-pohon tersebut menyandang status sebagai pohon paling tersohor di dunia karena keunikan yg mereka miliki. Sebut saja diantaranya pohon raksasa, pohon yg lokasinya dirahasiakan, pohon yg mengeluarkan darah dan lain sebagainya. Sejumlah pohon ni sangat menarik dgn caranya masing-masing. Lantas, pohon apa saja yg paling terkenal di segenap penjuru dunia ini? Dikumpulkan dari berbagai sumber, berikut kami rangkum untk Anda tujuh pohon paling unik dan terkenal di dunia. Mari kita simak bersama-sama!

1. General Sherman Tree

7 Pohon Paling Unik dan Terkenal di Dunia
General Sherman Tree
The General Sherman adlh sequoia raksasa (Sequoiadendron giganteum) pohon yg terletak di Giant Forest of Sequoia National Park di Tulare County, di negara bagian AS dari California. Ini adlh pohon batang tunggal terbesar yg diketahui pernah ada. Pohon raksasa ni bukanlah pohon tertinggi yg dikenal di Bumi, dan jg bukan pohon hidup tertua yg diketahui di Bumi. Ketinggiannya mencapai 83,8 meter, dgn diameter 7,7 meter, diperkirakan Volume batang dari 1.487 meter kubik, dan usianya sekitar 2,300-2,700 tahun, tapi ni adlh salah satu dari pohon tertinggi, terluas dan terpanjang dari semua pohon di planet ini.

2. Methuselah Tree
7 Pohon Paling Unik dan Terkenal di Dunia
By Jrbouldin at en.wikipedia [Public domain], from Wikimedia Commons
Metusalah adlh pohon dgn usianya 4.845 tahun, pohon cemara Great Basin (Pinus longaeva) pohon yg tumbuh tinggi di White Mountains dari Inyo County hingga California timur. Awalnya, ni dianggap sebagai pohon tertua non kloning yg dikenal pernah hidup di bumi, sampai digantikan oleh penemuan teranyar pd tahun 2013 dari pinus bristlecone lain di wilayah yg sama dgn usia 5.064 tahun (perkecambahan di 3.051 SM). Akhirnya pohon ni dinamai Metusalah, oleh seorang tokoh Alkitab yg dikabarkan usianya telah 969 tahun dan melampaui semua orang lain di dlm Alkitab. Pohon itu tumbuh di suatu tempat antara 2.900 dan 3.000 meter di atas permukaan laut di "Methuselah Grove" di Ancient Bristlecone Pine Forest dlm Inyo National Forest. Lokasi tepat tumbuhnya pohon Metusalah masih dirahasiakan untk melindunginya dari perusakan.

3. Pohon Darah Naga
7 Pohon Paling Unik dan Terkenal di Dunia
By Rod Waddington from Kergunyah, Australia, via Wikimedia Commons
Dracaena cinnabari / yg lazim kita sebut Pohon Darah Naga (Dracaena cinnabari) adlh tanaman suji yg berasal dari kepulauan Socotra. Tumbuhan ni jg dikenal sebagai Suji Socotra dan Dragon Blood Tree. Flora ni dijuluki demikian karena getah merah yg diproduksi oleh tumbuhan ini. Ini merupakan jenis pohon yg sangat langka yg berasal dari kepulauan Socotra, pulau kecil dari empat pulau di tengah Samudera Hindia. Pohon ni jg dikenal sebagai "Galapagos di Samudera Hindia," adlh sekelompok pulau yg merupakan tempat tinggal dari sejumlah spesies menarik. Pohon Darah Naga dpt ditemukan di daerah kepulauan Socotra dan sekitarnya, termasuk daratan Yaman. Pohon Darah Naga ni mengandung Resin Merah yg disebut Darah Naga, yg telah digunakan untk berbagai tujuan sepanjang sejarah. Darah naga jg memiliki sejarah dlm Ritual Spiritual (Sihir). Selain itu, Darah Naga dipercaya dpt meningkatkan kekuatan mantra sihir untk perlindungan, cinta, mengusir roh jahat, dan lain sebagainya. Pohon ni memiliki bentuk yg aneh seperti payung dgn tujuan membantunya bertahan hidup dlm kondisi kering dan daerah dgn tanah yg berbatu. Bayangan yg timbul dari bentuk payungnya itu membantu bibit 'Pohon Darah Naga' bisa bertahan hidup di lingkungan yg keras.

4. Pohon Pelangi
7 Pohon Paling Unik dan Terkenal di Dunia
Eucalyptus deglupta
Eucalyptus deglupta adlh pohon yg dpt tumbuh tinggi, umumnya dikenal sebagai eucalyptus pelangi, gum Mindanao, / permen karet pelangi. Ini adlh satu-satunya spesies Eucalyptus ditemukan dgn mudah di belahan bumi utara. Distribusi alaminya meliputi New Britain, New Guinea, Seram, Sulawesi dan Mindanao. Kulit multi-warni yg unik adlh fitur yg paling khas dari pohon. Patch dari kulit luar adlh gudang tiap tahunnya pd waktu yg berbeda, menunjukkan kulit bagian hijau terang. Hal ni kemudian gelap dan matang untk memberikan nada biru, ungu, oranye dan kemudian merah marun. Saat ni pohon pelangi ditanam secara luas di seluruh dunia, terutama untk kayu pulp yg digunakan dlm pembuatan kertas. Ini adlh spesies yg dominan digunakan untk perkebunan kayu pulp di Filipina.

5. Arbol del Tule
7 Pohon Paling Unik dan Terkenal di Dunia
By Eljaivan (Karya sendiri), via Wikimedia Commons
El arbol del tule adlh sebatang pohon yg terletak di halaman gereja di pusat kota Santa María del Tule di negara Meksiko Oaxaca, sekitar 9 kilometer sebelah timur dari kota Oaxaca di jalan menuju Mitla. Ini adlh cemara Montezuma (Taxodium mucronatum), / ahuehuete (yang berarti "orang tua dari air" dlm Nahuatl). Pada tahun 2001 itu ditempatkan pd daftar sementara Situs Warisan Dunia UNESCO. Usia tak diketahui, dgn perkiraan berkisar antara 1.200 dan 3.000 tahun, dan bahkan ada yg mengklaim telah berusia 6.000 tahun. Tapi berdasarkan perkiraan ilmiah yg didasarkan pd tingkat pertumbuhan adlh 1,433-1,600 tahun. Sementara menurut legenda Zapotec lokal menyatakan bahwa pohon ni ditanam sekitar 1.400 tahun yg lalu oleh Pechocha, seorang imam dari Ehecatl, dewa angin Aztec.

6. Root Bridges (Jembatan Akar)
7 Pohon Paling Unik dan Terkenal di Dunia
By Arshiya Urveeja Bose (Flickr), via Wikimedia Commons
Pohon karet dari Cherrapunji telah dimanfaatkan sejak 500 tahun yg lalu oleh orang-orang Khasi of India. Pohon ni menjadi pohon terunik teraneh dan tersohor karena dlm penggunaannya dijadikan sebagai jembatan penyeberangan antar sungai. Mulanya kita harus membuat sebuah pancang dan batang kayu di atas sungai yg ingin dijadikan jembatan. Setelah itu, akar akan tumbuh sampai ke tanah dan menjadi kuat. Kalau sudah kuat, kita tak perlu khawatir lagi untk menggunakannya sebagai jembatan penyeberangan. Jembatan-jembatan akar itu beberapa dianataranya ada yg mencapai 30 meter, membutuhkan waktu 10 hingga 15 tahun untk bisa difungsikan penuh, dan menjadikannya sangat kokoh. Tak tanggung-tanggung, bahkan jembatan akar ni sanggup menopang beban hingga 50 orang sekaligus.

7. Tree of Life, Bahrain
7 Pohon Paling Unik dan Terkenal di Dunia
By à´•ാà´•്à´•à´° (Karya sendiri), via Wikimedia Commons
Tree of Life (Syajarat-al-Hayat) di Bahrain adlh pohon tua yg berusia sekitar 400 tahun, dgn tinggi mencapai 9,75 meter yg terletak 2 kilometer dari Jebel Dukhan. Pohon itu bertengger di atas gundukan pasir dgn tinggi 7,6 meter. Konon, telah tumbuh di sekitar lokasi dgn usia 500 tahun. Ini merupakan pohon dan semak-semak dari genus Prosopis yg sangat baik disesuaikan dgn lingkungan yg kering dgn salah satu sistem akar terdalam dikenal. Pohon ni merupakan keajaiban alam yg tiada taranya. Tumbuh sendirian di tengah padang pasir yg kering kerontang, tak ada pohon lain yg menemani. Ini adlh satu-satunya pohon yg ada di padang pasir yg terpencil, nyaris terisolir dari mana pun. Uniknya, pohon yg berusia (diperkirakan 400 tahun) tetap tumbuh subur dgn daunnya yg hijau, padahal di sana tak ada satupun sumber air. Lantas dari manakah air kehidupan didapat oleh pohon itu? Karena siapa pun tahu air adlh sumber kehidupan semua makhluk hidup, baik itu manusia, hewan maupun tumbuh-tumbuhan. Jadi jawaban satu satunya yg masuk akal adlh di bawah pohon berusia ratusan tahun itu terdapat sumber air. Kalau demikian kenapa tak ada pohon-pohon lainnya? Ini suatu misteri terselubung yg belum terpecahkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

All content at MY BLOG was found freely distributed on the internet and is presented for informational purposes only.
Images / photos / videos found in this site reserved by its respective owners.
We does not upload or host any files.
Home | DMCA | Contact