Jumat, 04 September 2015

[Tips Sehat] Tips Sehat Berbuka Puasa

fenanote.blogspot.com - Pada dasarnya berpuasa itu sehat. Kunci sehat dlm berpuasa di antaranya terletak pd cara berbuka puasa. Berbuka puasa yg hanya menuruti perut malah menimbulkan dampak yg tak baik bagi kesehatan. Apalagi momen berbuka puasa dijadikan sebagai ajang "balas dendam" karena seharian perut kosong.

Selain itu, pengaturan jedah waktu berbuka puasa jg penting. Jika semua hidangan buka puasa yg tersaji di meja makan kita habiskan sekaligus maka akan menimbulkan dampak yg lebih buruk lagi. Karena itu perlu dilakukan pembagian waktu makan dan pemilihan jenis makanan, mana yg harus kita makan dan minum terlebih dahulu, mana yg harus kita makan setelah sholat maghrib, dan seterusnya.

Tips Sehat Berbuka Puasa
Jangan Jadikan Momen Berbuka Puasa sebagai Ajang Balas Dendam Hidangan yg biasanya tersaji saat berbuka puasa di antaranya kolak, es dawet, petulo, semangka, kurma, dan nasi dgn berbagai lauknya. Banyaknya hidangan tersebut membuat kita 'lapar mata' untk menghabiskan semua hidangan yg ada. Saya katakan 'lapar mata' karena sebenarnya kita sudah kenyang. Kebutuhan tubuh sudah terpenuhi. Tapi karena hidangan yg lain belum kita nikmati, mata kita akan mengatakan pd perut, "Masih muat kan? Sayang lho, kalau tak dihabiskan sekalian!"

Jika perut menuruti ajakan mata, habislah semua hidangan di meja makan. Terasa puas. Napas terengah-engah sambil duduk bersandar menikmati kemenangan. Balas dendam terlaksana. Betulkah kita menang? Ternyata kita kalah telak. Kita sulit berdiri karena terlalu kenyang. Kita belum sholat Maghrib dan cenderung mengulur waktu minta istirahat.

Mulailah Berbuka Puasa dgn Minuman Hangat Tubuh kita tak akan kaget dan tak perlu adaptasi jika jenis makanan pertama yg masuk berbentuk cairan dan mempunyai suhu yg sama dgn suhu tubuh kita. Mulailah berbuka puasa dgn minuman hangat, anget-anget kuku, bisa dgn air putih hangat / teh hangat, tetapi jangan terlalu manis. Minumlah secara perlahan-lahan, seteguk demi seteguk, sambil merasakan nikmatnya berbuka puasa.

Setelah itu diamlah beberapa saat. Jangan keburu mengonsumsi makanan yg berat-berat. Jangan pula mudah tergiur oleh hidangan di meja yg menggoda. Nikmati indahnya puasa. Rasakan ampuhnya minuman hangat yg mulai merasuk ke dlm tubuh Anda.

Berbuka Puasa dgn Tiga Buah Kurma Setelah merasakan nikmatnya minuman hangat, silakan mengonsumsi tiga buah kurma. Satu buah kurma dpt menyuplai energi sekitar 50 kilokalori. Dengan mengonsumsi tiga buah kurma kita akan memperoleh energi sekitar 150 kilokalori. Energi sebesar ni mampu mengembalikan energi kita yg hilang sepanjang hari saat berpuasa. Secara teori, kebutuhan tubuh kita sudah terpenuhi dgn mengonsumsi tiga buah kurma tersebut. Karena itu jangan buru-buru menyantap hidangan yg lain. Berdiri dari meja makan, ambil air wudlu, dan tunaikan sholat Maghrib dulu.

Jika Anda merasa bosan tiap hari mengonsumsi buah kurma, Anda bisa menggantinya dgn buah-buah lain yg manis. Buah-buah tersebut bisa dikonsumsi langsung / dibuat jus buah. Jangan terlalu banyak gula, andalkan manisnya buah saja.

Simak juga, Fakta Menakjubkan tentang Kurma.

Makan Nasi setelah Sholat Maghrib Setelah sholat Maghrib, kondisi lambung Anda sudah mulai stabil dan sudah siap menerima jenis makanan yg berat. Makanan berat yg saya maksud adlh karbohidrat, seperti nasi. Jika ingin mendapatkan manfaat kesehatan yg optimal, konsumsilah nasi separuh piring saja. Separuhnya lagi diisi lauk pauk dan sayuran. Anda tak akan merasa lapar, sayuran itu mengenyangkan karena kandungan seratnya tinggi.

Dengan cara ni Anda akan ringan kaki berjalan ke musholla / masjid untk menunaikan sholat Isya' dan Tarawih. Setelah sholat Tarawih Anda bisa mengonsumsi sisa hidangan yg masih ada. Kan masih ada kolak, petulo, es degan, dan lain-lain.

Simak juga, Diet Sehat Saat Puasa.

Demikian informasi tentang Tips Sehat Berbuka Puasa. Semoga bermanfaat.

source : http://sehatragakita.blogspot.com, http://solopos.com, http://tempo.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

All content at MY BLOG was found freely distributed on the internet and is presented for informational purposes only.
Images / photos / videos found in this site reserved by its respective owners.
We does not upload or host any files.
Home | DMCA | Contact