Kamis, 03 September 2015

[Wisata indonesia] ini dia 5 Air Terjun Maut di Dunia

fenanote.blogspot.com - Pesona alam yg menjadi buruan para petualang adlh air terjun. Selain keindahannya, karena tak semua tempat, mimiliki fenomena air terjun. Sehingga kita ketika menemukan kawasan yg memiliki kemegahan air terjun, kepuasan tak tergambarkan akan dirasakan para petualang. Dan bagi sebagian orang, keindahan air terjun bisa menjadi sumber inspirasi.

Berbicara air terjun, bukan hanya keindahan dari fenomena alam, tapi jg mengenai ketinggian dan debit air yg membuatnya menjadi sangat spektakuler. Tapi jg sebagian besar terkenal karena keunikan, keanehan dan lainnya. Bahkan ada beberapa air terjun yg dianggap maut, lantaran memiliki ketinggian yg sangat ekstrem.dan Berikut lima air terjun maut di dunia

5.Yosemite Falls, Amerika Serikat
ini dia 5 Air Terjun Maut di Dunia

Air terjun maut posisi 5 adlh yosemite di Amerika Serikat. Tergolong salah satu yg paling maut di dunia karena ketinggian dari air terjun yg berada di taman nasional yosemite, california ni mencapai 739 meter. Bukan hanya terkenal karena ketinggiannya, tapi jg banyak keindahan dan keunikan dari air terjun ini.

Salah satunya air terjun ni sering disebut air terjun lava, karena adanya salah satu fenomena alam paling langka, dimana anda bisa menyaksikan air terjun seperti api, / firefall. Tetapi jejak api ni bukanlah luapan lava, melainkan air terjun yg terkena cahaya matahari. Karena adanya tipuan cahaya, warna oranye yg terlihat adlh perpaduan sinar matahari, dan air terjun.

Kemunculan efek luminance magis pd air terjun itu terjadi karena adanya garis lurus antara cahaya matahari, dan bumi. Refleksi dari sinar matahari tersebut menimpa batuan granit di balik air terjun. Tapi jika matahari terbenam, / saat mendung efek tersebut tak akan muncul. Ilusi alam yg begitu menakjubkan.

Fenomena ni sangat jarang dan hanya terjadi, hanya beberapa hari dlm setahun pd bulan februari. Dan tiap fenomena unik air terjun lava muncul, taman nasional yg membentang lebih dari 3.000 kilometer ini, menarik lebih dari 3.5 juta pengunjung tiap tahunnya.

4.Gocta Cataracts Falls, Peru
ini dia 5 Air Terjun Maut di Dunia

Air terjun maut posisi 4 adlh ramnefjellsfossen falls di Norwegia, gocta cataracts di Peru, jg merupakan air terjun bertingkat. Dan jalur utama air yg datang dari ketinggian 771 meter, membuat gocta cataracts dimasukan ke dlm salah satu air terjun maut di dunia. Air dari gocta cataracts ni menjadi sumber utama sungai yg terkenal di Peru, yaitu sungai Cocahuayco.

Sebelumnya air terjun ni hanya dimanfaatkan oleh penduduk lokal di wilayah chachapoyas amazon. Tapi setelah sebuah ekpedisi yg dilakukan seorang petualang jerman bernama, stefan ziemendorff, dgn sekelompok penjelajah Peru, pd tahun 2005, air terjun gocta menjadi sangat terkenal di Peru.

Baru pd 11 maret 2006, setelah ekspedisi kedua, stefan meminta pd pemerintah Peru untk membuat peta dan melakukan pengukuran secara khusus mengenai ketinggian air terjun tersebut. Dari ekspedisi kedua itulah, akhirnya diketahui bahwa ketinggian gocta cataracts mencapai lebih dari 700 meter. Dan baru pd 2007 dari pembangunan berikutnya, pemerintah Peru membangun sarana akomodasi bagi wisatawan di sekitar air terjun yg bisa dilihat hingga beberapa kilometer sebelum tiba di tujuan tersebut.

3.Ramnefjellsfossen Falls, Norwegia
ini dia 5 Air Terjun Maut di Dunia

Air terjun maut posisi 3 adlh ramnefjellsfossen, di Norwegia. Air terjun ni memiliki ketinggian mencapai 818 meter. Menikmati keindahan air terjun semakin lengkap karena terletak di danau lovatnet yg jg sangat indah. Air terjun ni jg disebut sebagai air terjun bertingkat, karena sebelum jatuh ke dasar, air akan terpecah bebeberapa kali, seperti diketinggian 600 meter yg menerpa bebatuan besar.

Air terjun ramnefjellsfossen, murni hanya dijadikan tempat wisata alam, berbeda dgn air terjun lainnya yg ada di Norwegia yg selalu dimanfaatkan untk pembangkit tenaga listrik. Kondisi alam dan terpecahnya jatuhnya air ke beberapa aliran yg membuat air tarjun ni tak bisa dimanfaatkan pembangkit tenaga listrik.

Untuk mengganti pemanfaatannya, pemerintah Norwegia membangun akses menuju ramnefjellsfossen falls agar bisa dijangkau lebih mudah. Sepanjang jalan menuju tempat ini, keindahan air terjun ramnefjellsfossen, bisa dinikmati. Bahkan kini telah dibangun beberapa tempat peristirahatan bagi para wisatawan yg datang. Karena ketinggiannya inilah, para petualang jg memanfaatkannya untk menguji adrenalin, dgn menyusuri tebing di areal ramnefjellsfossen.

2.Tugela Falls, Afrika Selatan
ini dia 5 Air Terjun Maut di Dunia

Air terjun maut posisi 2 adlh Tugela Falls, Afrika Selatan ,Ketinggian yg dianggap maut jg menjadi milik tugela falls, Afrika Selatan. Tepatnya di drakensberg, di royal natal national park, kwazulu. Tugela falls memiliki ketinggian mencapai 948 meter. Dinamai tugela falls, karena sumber air berasal dari sungai tugela. Untuk melihat keindahan air terjun ini, lebih pas dari kejauhan, apalagi setelah hujan, karena debit air yg jatuh sangat deras.

Selain memiliki ketinggian yg ekstrem, tugela falls jg memiliki dinding yg cantik. Beberapa dari dinding tersebut menjorok ke luar, sehingga jatuhnya air tampak semakin indah ketika terpecah dinding tersebut. Biasanya para wisatawan menantikan panorama indah pd sore hari, karena cahaya matahari yg menimpanya menghadirkan pelangi. Suasana tersebut sering kali menjadi spot yg indah bagi para fotografer.

Untuk menarik minat wisatawan, pemerintah setempat kini membuatkan jalur yg lebih mudah dijangkau menuju kawasan tugela falls. Strategi tersebut cukup ampuh dgn semakin tingginya tingkat kedatangan wisatawan ke tugela falls tiap tahunnya. Apalagi setelah adanya tempat-tempat singgah di kawasan tersebut.

1.Angel Falls, Venezuela
ini dia 5 Air Terjun Maut di Dunia

Yang dianggap air terjun paling maut adalah, angel falls, di taman nasional canaima bolivar, venezuela. Tepatnya di hutan perbatasan Venezuela dgn Brasil. Angel falls memiliki ketinggian hingga 979 meter, dan cukup sulit untk bisa datang ke tempat angel falls, lantan medan yg cukup terjal. Tapi bagi para petualang menjadi sulitnya medan menuju angel falls menjadi daya tarik sendiri.

Angel falls ditetapkan sebagai air terjun tertinggi di dunia oleh national geographic society pd tahun 1949. Sejak saat itulah, angel falls menjadi buruan para petualang dlm menangkap keindahan. Tak terkecuali para fotografer profesional, untk dijadikan spot pemotretan alam, terutama kolam yg terbentuk secara alami di areal air terjun tersebut.

Sebenarnya, nama air terjun ni diambil dari nama pilot, jimie angel, yg secara resmi menemukan air terjun ni saat terbang di atas gunung auyantepui, pd tahun 1933. Untuk mengenang penemunya, air terjun ni pun memakai nama angel.

sumber 5 Air Terjun Maut di Dunia

source : http://anuunik.blogspot.com, http://tribunnews.com, http://youtube.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

All content at MY BLOG was found freely distributed on the internet and is presented for informational purposes only.
Images / photos / videos found in this site reserved by its respective owners.
We does not upload or host any files.
Home | DMCA | Contact