Rabu, 09 September 2015

[Belajar Kimia] Pengertian Opini: Apa itu Opini

fenanote.blogspot.com - (Apa style="text-align: justify;"> (Apa pengertian Opini) Menurut Dan Nimmo, Pengertian opini adlh suatu respons aktif terhadap suatu stimulus, suatu respons yg dikonstruksikan melalui interpretasi pribadi yg berkembang dari dan menyumbang pd imej.
(Pengertian opini) Setiap opini mencerminkan suatu organisasi yg kompleks dari tiga komponen yaitu pengharapan (ekspektasi), keyakinan,dan nilai-nilai.
Ketiga komponen tersebut sebenarnya saling terkait dan tumpang tindih akan tetapi untk dpt mencerna opini pribadi sebagai building block dari opini publik, perlu untk memperhatikan tiap komponen yg ada untk dpt mengerti semua hubungan antara satu dgn yg lainnya.
Antara opini, sikap/attitude dan kepercayaan saling berkaitan satu dan yg lain. Pegangan seseorang dlm menjani kehidupan merupakan kepercayaan seseorang, yg kelak dan kemudian akan menjadi dasar dari opini dan setelah itu akan membentuk attitude seseorang. Attitude / sikap dan opini seseorang akan berkembang sesuai dgn kepercayaan orang tersebut.
Pengertian Opini: Apa itu Opini
Penyampaian Opini berupa orasi


Pengertian Opini yg lain adlh sebagai ekspresi dari sikap (attitude). Attitude dpt didefinisikan sebagai predisposisi seseorang dlm menilai sesuatu lambang, objek , ataupun dunia untk disukai / tak disukai. Penelitian ni mengatakan bahwa opini lebih mudah untk berganti / berubah dibanding dgn attitude yg lebih stabil.
Opini memiliki bentuk, ciri khas, / karakteristik. Berikut karakteristik dari opini:
1. Mempunyai arah
2. Memiliki isi informasi/content
3. Memiliki Intensitas
Tiap opini seseorang mengenai suatu hal ada arahnya, dlm arti akan selalu mengikut dgn sumber / latar belakang seseorang tersebut. Contoh, opini pendukung Prabowo ataupun Jokowi akan selalu saling serang karena opini pendukung Prabowo akan selalu mendukung prabowo begitupun dgn pasangan lainnya.
Sekian ulasan tentang pengertian opini, saya harap anda jg membaca pengertian lain di apapengertianahli
Sumber/ Referensi
Riswandi, 2009. Komunikasi Politik. Graha Ilmu. Yogyakarta
Sponsored by

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

All content at MY BLOG was found freely distributed on the internet and is presented for informational purposes only.
Images / photos / videos found in this site reserved by its respective owners.
We does not upload or host any files.
Home | DMCA | Contact