Rabu, 16 September 2015

[informasi] Perbedaan Hub Dan Switch


fenanote.blogspot.com - Dua benda ni hampir memiliki fungsi dan karakteristik yg sama. Segelintir orang belum tahu tentang apa itu perbedaan hub dan switch. Ya, mungkin karena dua benda ni sama-sama berfungsi untk menghubungkan komputer satu ke komputer lainya di dlm sebuah jaringan.
Sebelum masuk ke dlm pembahasan tentang perbedaan hub dan Switch. Ada kalanya ketahui dahulu tentang masing-masing arti dari kedua benda itu.
1. HUB.
Perbedaan Hub Dan Switch

Hub adlh perangkat keras yg berguna di dlm sebuah jaringan. Satu Hub sangat mempengaruhi semua koneksi. Karena, apabila HUB itu rusak maka semua koneksi akan terputus/terganggu.
Maka dpt dikatakan fungsi HUB adlh sebagai penerima sinyal dari sebuah komputer dan HUB ni sendiri merupakan titik pusat yg menghubungkan semua komputer di dlm sebuah jaringan. Jika HUB dilihat dari fungsinya maka akan mempunyai dua perbedaan yaitu :
  • Hub Aktif berfungsi sebagai penghubung jalur secara fisik dan penguat sinyal dlm jaringan, Akan tetapi Hub aktif membutuhkan tenaga listrik tambahan untk bisa bekerja.
  • Hub pasif merupakan hub yg berfungsi sebagai pemmisah / pembagi jaringan, akan tetapi tak melakukan penguatan sinyal sehingga hub ni tak membutuhkan tenaga listrik tambahan.
2. SWITCH.
Perbedaan Hub Dan Switch

Switch adlh sebuah perangkat keras jaringan komputer yg berfungsi menghubungkan HUB. Sehingga HUB dpt membentuk sebuah jaringan yg lebih luas lagi, dan bisa pula untk menghubungkan komputer-komputer yg membutuhkan bandwith besar.
Jika dilihat dari model OSI, Switch terbagi menjadi dua :
  • Switch layer 3 berada pd Network layer pd lapisan model OSI dimana switch meneruskan paket data menggunakan IP address. Switch layer 3 sering disebut switch routing / switch multilayer.
  • Switch layer 2 beroperasi pd Data link layer pd lapisan model OSI dimana switch meneruskan paket dgn melihat MAC (media access control) tujuan, switch jg melakukan fungsi bridge antara segmen - segmen LAN karena switch mengirimkan paket data dgn cara melihat alamat yg dituju tanpa mengetahui protokol jaringan yg digunakan.
Dengan membaca tulisan diatas, dpt ditemukan sebuah perbedaan diatara kedua benda ni :
- Jika kita mempunyai jaringan yg lebih besar, maka lebih baik menggunakan Switch. Karena proses transfer rate dari Switch lebih besar daripada HUB.
- Dilihat dari informasi yg dikirim kepada mereka diproses :
  • Ketika data masuk ke HUB, HUB akan mengambil data tersebut dan mentransmisikany ke tiap komputer yg terhubung di dlm sebuah jaringan.
  • Ketika data masuk ke Switch, Switch akan menerima data tersebut dan hanya akan mengirimkannya ke komputer yg berkepentingan menerima data tersebut.
- Switch mempunyai kelebihan pd sistem keamananya, dimana aksi pencurian dpt ditahan dgn cara sniffer.
- Dan tentunya Switch lebih mahal daripada HUB.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

All content at MY BLOG was found freely distributed on the internet and is presented for informational purposes only.
Images / photos / videos found in this site reserved by its respective owners.
We does not upload or host any files.
Home | DMCA | Contact