Kamis, 01 Oktober 2015

[Hidangan Berkuah] Asinan Sayur Betawi

Asinan Sayur Betawi
fenanote.blogspot.com - Beberapa waktu yg lalu rekan kantor saya, Fifi membawa beberapa bungkus asinan sayur ke kantor. Aneka sayur segar yang crunchy bersama sepaket kecil sambal rawit hijau, kacang tanah goreng, dan kerupuk kuning di bungkus di dlm kantung plastik transparan. Seporsi asinan sayur ni kemudian masuk ke dlm perut saya saat makan siang, rasanya super laziz. Menurut saya asinan yg dibawa Fifi ni salah satu yg terlezat yg pernah saya santap selama tinggal di Jakarta. Fifi bercerita penjual asinan yg dibelinya ni selalu kebanjiran pembeli. Laris manis dan cepat sekali ludes, jika kita berkunjung sedikit siang jangan harapkan untk bisa mencicipinya.

Asinan sayur sebenarnya makanan yg sangat simple, baik bahan dan proses pembuatannya. Kekuatan utama yg membuatnya berbeda antara asinan satu dgn lainnya adlh kuah kacangnya yg asam, asin, manis, dgn rasa pedas yg kuat. Tanpa saus kacang yg lezat maka makanan ni kurang terasa istimewa di lidah. Usut punya usut untk menghasilkan saus kacang nan gurih bukan hanya menggunakan kacang tanah saja melainkan kacang mete pun memiliki peranan disini. Berbekal rasa yg saya kecap dari asinan yg di bawa Fifi, saya pun kemudian mencoba membuatnya sendiri di rumah. Tidak terlalu mirip, tapi tak mengecewakan jugarasanya. ^_^

Asinan Sayur BetawiAsinan Sayur Betawi
Asinan merupakan makanan khas Indonesia, biasanya makanan ni sering anda temukan di daerah Jakarta, Bogor dan sekitarnya. Ada dua jenis asinan yaitu buah dan sayuran. Keduanya menurut saya sama lezatnya dan selalu menjadi incaran kala berkunjung ke kota hujan Bogor. Kalau menilik artikel di Wikipedia Indonesia, maka umumnya asinan sayur lebih dikenal sebagai asinan Betawi, sedangkan asinan buah biasa disebut dgn asinan Bogor. Walau keduanya sering sekali ditemukan di pedagang asinan baik di Jakarta maupun Bogor.

Komponen utama untk membuat asinan sayur adlh aneka sayur mentah yg dirajang halus. Biasanya sayur yg digunakanadalah kubis, tauge kacang hijau, serutan kasar wortel, asinan sawi dan ketimun. Untuk asinan yg kali ni saya buat saya menggunakan sawi putih, tauge, ketimun dan paprika merah yg sulit saya tolak jika bercokol di kulkas. Tahukah anda paprika mentah terasa manis di lidah? Cobalah untk menyantapnya kala masih mentah, teksturnya yg crunchy membuat gigi anda menjadi bersemangat kala mengunyahnya.Untuk proteinnya, biasanya asinan sayur selalu dilengkapi dgn potongan tahu. Anda bisa menggunakan tahu kuning seperti yg saya gunakan saat ni / tahu putih biasa pun sama yummy-nya.

Asinan Sayur BetawiAsinan Sayur Betawi
Sekarang kita menuju ke kuah asinan, menurut saya kuah ni merupakan komponen utama yg paling penting dlm seporsi asinan. Kuah yg lezat dan segar harus bercita rasa asam, manis, asin dan pedas. Karena itu untk membuat kuah asinan jangan segan-segan memasukkan banyak gula Jawa (gula jenis ni memberikan warna coklat yg cantik pd kuah), air asam Jawa (lebih sehat dan bermanfaat dibandingkan cuka dapur), dan garam. Untuk warna yg lebih membara gunakan cabai merah keriting dan cabai rawit merah yg telah digiling hingga halus. Kuah terbaik adlh jika memiliki tekstur yang smooth, karena itu usahakan untk menghaluskan semua bahan-bahannya hingga benar-benar halus. Sayangnya untk asinan kali ni saya menggunakan blender abal-abal sehingga kacang tak tergiling dgn sempurna dan masih terlihat butirannya di kuah.

Kuah sangat mudah dibuat, cukup haluskan semua bahan di dlm blender, tuangkan di panci dan rebus hingga mendidih dan matang. Mirip seperti ketika hendak membuat kuah cuko empek-empek. Paling lezat menyantap asinan tentu saja dgn si kerupuk mie yg berwarna kuning, lebar dan bertekstur keras. Untuk kali ni saya tak menggunakannya, jadi jika anda memiliki akses untk memperoleh kerupuk unik ni saya sarankan jangan lewatkan kesempatan itu.

Berikut ni resep dan prosesnya ya.
Asinan Sayur Betawi
Asinan Sayur Jakarta
Resep hasil modifikasi sendiri

Untuk 3 porsi

Tertarik dgn makanan a la Betawi lainnya? Silahkan klik link di bawah ni ya:
Ikan Bawal Kuah Pecak
Sayur (Sambal) Godog Betawi
Soto Daging Betawi a la Pak Kustandi

Bahan asinan:- 2 genggam tauge - 4 lembar kol / sawi putih, rajang halus- 2 buah ketimun, potong kotak kecil - 1/2 buah paprika merah (optional), rajang tipis
- 2 - 3 potong tahu kuning ukuran 3 x 3 cm, rebus sebentar dan potong kotak ukuran 2 x 2 cm
Bahan dan bumbu saus asinan, haluskan:- 4 siung bawang putih- 3 sendok makan ebi, cuci bersih dan rendam air hangat hingga lunak - 5 buah cabai merah keriting- 5 buah cabai rawit merah - 3 sendok makan kacang tanah goreng
- 2 sendok makan kacang mete goreng (bisa diganti dgn kacang tanah)
- 100 ml air asam Jawa (rendam 2 sendok makan asam Jawa dgn 200 ml air panas)- 150 gram gula Jawa sisir
- 3 sendok makan gula pasir - 2 sendok teh garam, tambahkan jika kurang asin- 400 - 500 ml air
Pelengkap:- kerupuk mie / kerupuk merah
- kacang tanah goreng untk taburan

Cara membuat:

Asinan Sayur Betawi
Siapkan semua bahan saus, masukkan ke blender dan proses hingga benar-benar halus. Tuangkan ke dlm panci kecil dan rebus hingga mendidih. Cicipi rasanya, sesuaikan gula, garam dan air asam Jawa. Saus harus terasa asam, asin, manis.

Note: usahakan untk menggiling semua bahan kuah hingga benar-benar halus agar tekstur kuah menjadi smooth.

Asinan Sayur Betawi
Siapkan semua bahan asinan, tata di sebuah piring. Dimulai dgn rajangan kubis, ketimun, tauge dan paprika, dan tata potongan tahu menyebar di permukaan sayuran. Siram sayur dgn kuah asinan dan taburkan kacang tanah goreng di atasnya. Santap dgn kerupuk mie. Yummy!

Source:
Wikipedia Indonesia - Asinan

other source : http://justtryandtaste.com, http://fb.com, http://solopos.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

All content at MY BLOG was found freely distributed on the internet and is presented for informational purposes only.
Images / photos / videos found in this site reserved by its respective owners.
We does not upload or host any files.
Home | DMCA | Contact