Kamis, 01 Oktober 2015

[Hidangan Berkuah] Homemade Selai Kacang

Homemade Selai Kacang
fenanote.blogspot.com - Betapa mudahnya membuat selai kacang! Itu yg terbersit di dlm benak saya kala sebotol selai kacang yg lezat nangkring di meja dapur saya. Sambil mengagumi hasil karya sendiri (terkadang memang susah mencegah sifat narsis ni keluar) kepala saya pun dipenuhi dgn aneka makanan yg ingin saya ciptakan dari sebotol selai yg saya buat weekend kemarin. Sebenarnya semua itu bermula dari resep es krim pisang super mudah yg saya temukan di sebuah web luar dimana bahan utamanya menggunakan selai kacang.

Homemade Selai Kacang
Hasil saya melakukan eksplorasi membuka tumpukan bahan kue di kulkas dan laci mencari sekantung selai kacang (yang biasanya selalu siap tersedia di dapur) berakhir dgn kekecewaan. Akhirnya saya pun memutuskan membuatnya sendiri. Kebetulan saya masih memiliki sisa kacang tanah kupas dan dgn resep yg saya temukan di buku blender Mitzui sepertinya tak ada yg susah untk mewujudkannya. Tapi sebelum kita lanjut dgn proses dan resepnya, ijinkan saya sejenak menjilati perabot dan jemari tangan yg belepotan selai ni ya, karena rasanya alamak lezatnya. ^_^

Homemade Selai Kacang
Homemade Selai Kacang
Yuk dijilat hingga tandas! ^_^

Bulan lalu sebenarnya saya jg pernah membuat selai kacang, kala itu saya menggunakan food processor untk menghaluskan kacang yg telah saya goreng. Entah karena mata pisau food processor yg saya miliki mulai tumpul / karena kurang lama memprosesnya, selai yg dihasilkan kurang halus.Butiran-butiran kecil kacang masih mendominasi membuat teksturnya menjadi berbintil-bintil. Kondisi ni tentu saja jg mempengaruhi rasa selai yg dihasilkan. Untuk percobaan kali ni saya menghaluskan kacang menggunakan blender, awalnya memang kacang seakan tetap kasar dan menggumpal hingga saya beberapa kali harus menghentikan putaran mesin, mengaduknya dan memprosesnya kembali. Cara ni ternyata cukup ampuh, blender kembali berputar, sekian detik kemudian selai kacang yang smooth mulai terlihat terbentuk.

Homemade Selai Kacang
Teksturnya creamy, halus dgn cita rasa yg gurih. Beberapa resep selai kacang yg saya baca meminta kita untk memanggang kacang yg akan digunakan, saya lebih memilih menggorengnya. Tentu saja versi panggang memiliki kalori yg lebih rendah tapi membayangkan harus menggunakan oven listrik dgn watt yg tinggi membuat saya berfikir dua kali. Bulan lalu tagihan listrik rumah Pete membengkak gara-gara saya sering sekali menggunakan oven untk membuat aneka masakan. Jadi kalau akhir-akhir ni postingan saya lebih memilih makanan yg digoreng dan di kukus, maka anda sekarang tahu alasannya. ^_^

Untuk resep kali ni saya memilih kacang tanah kupas alias tanpa kulit arinya lagi. Anda bisa menggunakan baik jenis kupas maupun jenis kacang yg masih ada kulit arinya.Jika anda menginginkan selai kacang yg berwarna cream muda dan lebih terang maka sebaiknya gunakan kacang kupas dan jangan goreng hingga terlalu matang kecoklatan. Saya sendiri terus terang lebih menyukai selai kacang yg berwarna gelap karena tampak lebih lezat dan ketika di gunakan dlm masakan lainnya seperti cookies, cake / saus akan memberikan warna yg lebih cantik di makanan.

Homemade Selai Kacang
Jika anda masih beranggapan bahwa selai kacang hanya afdol untk menemani sekeping roti panggang maka sepertinya anda harus mencoba bereksperimen untk menggunakannya di banyak kesempatan. Saya sendiri sangat suka salad buah dgn saus yg terbuat dari selai kacang, untk resepnya anda bisa klik disini. Bagaimana dgn peanut butter cookies yg mantap? Atau cake gulung selai kacang yg legit? Untuk mengetahui semua resep makanan tersebut anda bisa klik disini dan disini. Tapi sebenarnya masih ada satu lagi resep yg sangat ingin saya coba yaitu es krim pisang dgn selai kacang. Nah untk resepnya tunggu postingan saya selanjutnya ya.... tentu saja jika saya berhasil membuatnya. ^_^

Anyway busway, dgn seabrek kegunaan selai kacang, tak ada salahnya untk menyediakan sebotol selai yg lezat dan bergizi ni di kulkas anda. Yuk kita lihat resepnya.


Homemade Selai Kacang
Homemade Selai KacangResep diadaptasikan dari buku resep juicer & blender Mitzui

Untuk 1 botol selai ukuran 375 gram

Bahan:
- 375 gram kacang tanah kupas
- 7 sendok makan gula pasir (anda bisa gantikan dgn madu untk versi yg lebih sehat)
- 1 sendok makan minyak sayur


Cara membuat:
Homemade Selai Kacang
Siapkan kacang tanah, saya menggunakan kacang tanah kupas, anda bisa menggunakan baik yg kupas maupun yg masih memiliki kulit ari.
Tuangkan dan panaskan minyak dlm jumlah banyak di wajan. Goreng kacang hingga kuning kecoklatan, usahakan semua bagian kacang terendam minyak. Jika anda menginginkan selai kacang dgn warna krem pucat maka goreng kacang hingga agak kekuningan saja. Saya sendiri lebih suka dgn selai yg coklat keemasan, karena terlihat lebih menarik dan menggugah selera.
Supaya kacang merata matangnya, sesekali balik-balikkan kacang selama di goreng dgn sutil/spatula. Angkat dan tiriskan kacang. Kacang cenderung akan meneruskan proses pematangannya walaupun telah diangkat dari minyak, untk menghindari kacang menjadi gosong segera angkat jika telah berwarna kuning kecoklatan.
Homemade Selai Kacang
Jika kacang goreng sudah agak menghangat, masukkan kacang ke dlm blender / food processor. Tambahkan gula pasir dan minyak, proses hingga kacang menjadi halus dan keluar minyaknya. Mesin mungkin agak sulit untk bergerak, karena itu sesekali hentikan mesin dan aduk-aduk gilingan kacang hingga tak menggumpal, kemudian lanjutkan kembali menggiling.
Proses hingga kacang menjadi halus seperti gambar dan selai tampak berminyak. Masukkan ke dlm botol / wadah tertutup rapat. Biarkan hingga benar-benar dingin baru simpan di kulkas untk waktu yg lama. Yummy!
Sources:
Buku resep juicer & blender Mitzui

other source : http://liputan6.com, http://google.com, http://justtryandtaste.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

All content at MY BLOG was found freely distributed on the internet and is presented for informational purposes only.
Images / photos / videos found in this site reserved by its respective owners.
We does not upload or host any files.
Home | DMCA | Contact