Kamis, 17 September 2015

[Tutorial] Dadar Gulung Itu Rasanya Manis Juga Gurih

Dadar Gulung Itu Rasanya Manis Juga Gurih
fenanote.blogspot.com - Dadar gulung merupakan penganan tradisional khas Indonesia dgn rasa yg manis bercampur gurih. Sesuai namanya dadar gulung memang dibuat dgn cara didadar untk lapisan kulitnya, diisi dgn parutan kelapa yg sudah dimasak dan diberi gula terlebih dahulu. Untuk urusan isian, sebenarnya dadar gulung tak harus melulu kelapa, dadar gulung dpt divariasikan dgn berbagai bahan seperti coklat, pisang dan lain sebagainya. Isian kelapa memungkinkan dadar gulung dijual lebih murah dan rasanya lebih gurih. Dadar gulung populer di kalangan masyarakat menengah ke bawah dan merupakan jajanan yg sehat.
Kue Dadar Gulung Manis dan Gurih
Dadar gulung terbuat dari bahan utama yaitu tepung terigu, telur, gula jawa dan kelapa parut. Proses pembuatannya tidaklah rumit yg meliputi pembuatan kulit dan pengolahan isian. Setelah itu kedua bahan yg telah diproses disatukan tanpa melalui proses pengolahan lagi. Dadar gulung biasanya berwarna hijau yg berasal dari daun suji dan daun pandan wangi, / yg lebih modern biasanya menggunakan pasta pandan yg berfungsi sebagai pewarna sekaligus menambah aroma. Tapi penggunaan daun suji dan pandan wangi memang memiliki cita rasa tersendiri dan tentunya lebih sehat karena tak melibatkan bahan kimia.
Meskipun dadar gulung adlh kue tradisional tapi keberadaannya masih tetap eksis di dunia kuliner tanah air dan dpt ditemukan dgn mudah di pasar-pasar tradisional, mungkin karena penganan ni mudah dibuat dan tentunya digemari banyak orang. Dadar gulung biasanya dijajakkan saat pagi hari, para penjual biasanya menjajakkan dadar gulung bersama jajanan sarapan lainnya. Dengan harga yg sangat terjangkau kue dadar gulung menyajikan cita rasa yg enak dan jg sehat.
Salam, Jajan Pinggiran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

All content at MY BLOG was found freely distributed on the internet and is presented for informational purposes only.
Images / photos / videos found in this site reserved by its respective owners.
We does not upload or host any files.
Home | DMCA | Contact