Kamis, 17 Desember 2015

Cara Menggunakan Microsoft Excel yang Mudah Dimengerti

fenanote.blogspot.com - Jadilah yg pertama untk membagikan tips dlm artikel ni kepada keluarga, saudara, maupun teman-teman Anda.



Microsoft excel seringkali kita dengar dlm istilah-istilah pengkomputeran.
Microsoft excel merupakan salah satu program yg terdapat pd Microsoft office, sama seperti Microsoft Word, Microsoft Power Point, dll. Microsoft excel ni memiliki banyak sekali manfaat dan kegunaan. Microsorf excel digunakan untk membuat table perhitungan, yg jika kita menggunakan satu rumus di Microsoft excel tersebut, kita tak perlu repot-repot untk menghitungnya secara manual. Selain dpt membuat table perhitungan Microsoft excel jg dpt digunakan untk membuat grafik / chart. Maka dari itu, penting untk kita mengetahui cara menggunakan Microsoft excel, Berikut adlh dasar yg perlu diketahui dlm menggunakan Microsoft excel :
Kode
Keterangan
Contoh Penulisan
*
Perkalian
=A1*B1 (Sel A1 dikalikan dgn Sel B1)
/
Pembagian
=A1/B1 (Sel A1 dibagi dgn Sel B1)
+
Penjumlahan
=A1+B1 (Sel A1 dijumlahkan dgn Sel B1)
-
Pengurangan
=A1-B1 (Sel A1 dikurangi dgn Sel B1)

Gambar diatas adlh simbol-simbol yg digunakan dlm Microsoft excel yg sangat penting untk kita ketahui. Selain simbol-simbol tersebut diatas, Anda jg harus mengetahui yg mana itu baris dan yg mana kolom. Kolom ialah lajur yg kesamping kanan (kolom A, B, C, D, dst). Sedangkan baris ialah yg berderet kebawah baris ke-1, 2, 3, 4, 5, dst. Jika Anda meletakan crusor pd kolom A dan baris pertama maka crusor akan aktif pd bagian tersebut dan Anda bisa mulai mengetiknya.

Didalam Microsoft excel, jg terdapat beberapa rumus penting guna menjalankan Microsoft excel ini. Jika kita menggunakan rumus yg ada ini, kita akan sangat mudah dlm melakukan perhitungan. Seperti yg telah dijabarkan diatas mengenai kegunaan dari Microsoft excel itu sendiri ialah untk membuat table perhitungan yg bisa dilakukan secara komputerisasi, tak dgn perhitungan manual lagi. Berikut beberapa rumus dasar yg digunakan dlm Microsoft excel :
KeteranganRumus
Total =SUM(B3:B8)
Nilai Minimal =MIN(B3:B8)
Nilai Maksimal =MAX(B3:B8)
Nilai Rata-Rata =AVERAGE(B3:B8)
Jumlah Siswa =COUNT(B3:B8)


Beberapa rumus diatas akan membantu kita dlm mengerjakan soal-soal perhitungan dgn table. Kita hanya perlu mengetik tiap angka yg menjadi bahan soal / data. Kemudian mengetikan rumus dan terakhir ialah tekan tombol enter, dan akan keluar hasil perhitungannya. Selamat mencoba dan selamat belajar.


Terimakasih telah membaca artikel kami, Cara Menggunakan Microsoft Excel yg Mudah Dimengerti yg diterbitkan oleh Omah Tips dot Blogspot dot Com. Jika Anda menyukai artikel ni silahkan untk melakukan link back dgn memasang kode dibawah ini. Atau dgn membagikan (merekomendasikan) artikel ni melalui jejaring sosial.

other source : http://docstoc.com, http://omah-tips.blogspot.com, http://youtube.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

All content at MY BLOG was found freely distributed on the internet and is presented for informational purposes only.
Images / photos / videos found in this site reserved by its respective owners.
We does not upload or host any files.
Home | DMCA | Contact