Minggu, 22 November 2015

Solusi Mata Lelah Saat Bermain Komputer - Health

fenanote.blogspot.com - Pernah menghabiskan waktu lebih dari dua jam berturut-turut bekerja di depan layar komputer? Komputer memang dpt membuat kita bekerja lebih produktif, tetapi ada berita buruk bagi Anda para pengguna komputer karena, terlalu lama berada di depan layar komputer bisa menyebabkan terjadinya computer vision syndrome (CVS).

Sindrom ni bisa menyebabkan mata lelah dan tegang karena seharian memandangi layar komputer. Dan perlu diketahui, CVS mempengaruhi sekitar 64% sampai 90% dari pekerja kantor. Seperti diberitakan time.com, Jumat 14 September 2012, kondisi ni kemungkinan besar tak menyebabkan kerusakan mata permanen. Tetapi, dpt mempengaruhi kenyamanan pengguna komputer. Gejala yg paling umum dari CVS termasuk ketegangan mata, kemerahan, iritasi / kekeringan, perasaan terbakar di mata, penglihatan kabur / penglihatan ganda hingga sakit kepala dan leher serta bahu terasa nyeri.
Solusi Mata Lelah Saat Bermain Komputer Beberapa faktor yg bisa meningkatkan kemungkinan CVS, termasuk masalah penglihatan yg terlalu fokus pd satu pandangan, mata kering, terlalu lama memandangi layar komputer, pencahayaan yg buruk, postur tubuh yg buruk dan bahkan sudut monitor yg tak tepat. Faktor lain yg kemungkinan besar bisa menimbulkan CVS bisa karena penggunaan kacamata dan lensa kontak. Dan, hampir 71 persen dari orang-orang melaporkan gejala CVS terjadi karena memakai kacamata / lensa kontak dgn resep yg salah.

Namun, jika memang Anda merasa layar komputer membuat mata terasa sakit dan lelah, berikut beberapa panduan untk membantu meringankan gejalanya:

1. Periksa kesehatan mata secara teratur
Jika memang Anda merupakan penderita mata minus / plus, pastikan kacamata / kontak lensa yg Anda gunakan benar-benar nyaman dipakai. Minta resep sesuai dgn kondisi kesehatan mata, sehingga saat Anda menggunakan komputer Anda bisa merasa nyaman berada di depan layar.

2. Reposisi komputer
Layar harus diposisikan tepat di depan wajah Anda, bukan di samping. Posisikan monitor sehingga pusatnya adlh 4 sampai 8 inci bawah mata Anda, yg memungkinkan leher bisa bersantai.

3. Ikuti pedoman untk postur yg baik
Ini akan mengurangi ketegangan pd leher, punggung dan bahu.

4. Mengurangi silau
Instalasi filter anti-silau pd monitor bisa diatur sesuai dgn kebutuhan. Anda jg bisa menyesuaikan nuansa jendela dan mengubah kontras layar dan kecerahan dpt membantu mengurangi silau dan pantulan.

5. obat tetes mata
Obat tetes mata bisa mencegah mata kering. Jika itu tak berhasil, pertimbangkan untk menggunakan tetes mata pelumas.

6. Istirahat
Jangan terlalu lama berada di depan layar komputer. Sesekali lakukan gerakan ringan yg bisa mengalihkan pandangan dari layar. Bisa berdiri sejenak, meregangkan / hanya melihat ke kejauhan, jauh dari komputer, tiap 15 menit / lebih untk memberikan mata istirahat.

7. Bersihkan monitor secara teratur
Debu dpt mengurangi ketajaman layar, membuat mata bekerja lebih keras. Untuk itu, cobalah rutin membersihkan monitor.

other source : http://wikipedia.org, http://tempo.co, http://7topranking.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

All content at MY BLOG was found freely distributed on the internet and is presented for informational purposes only.
Images / photos / videos found in this site reserved by its respective owners.
We does not upload or host any files.
Home | DMCA | Contact